PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TERHADAP PERILAKU MEMILIH PEMILIH PEMULA KOTA PADANG PADA PEMILIHAN KEPALA DAERAH KOTA PADANG
Abstract
Fenomena penggunaan media sosial yang meningkat dan sebagian besarnya adalah pemilih pemula yang aktif dalam bermedia sosial dapat memengaruhi pilihan pemilih pemula dalam pemilihan umum. Penelitian ini menggunakan teori uses and gratification dengan tiga variabel bebas, yaitu penggunaan media sosial Collaboractive Project (X1), penggunaan media sosial Blog and Microblogging dan Social Network (X2), dan penggunaan media sosial Content Comunities (X3) dengan variabel terikat yakni perilaku memilih pemilih pemula pada pemilihan Kepala Daerah Kota Padang tahun 2018. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif desain survey dan tipe penelitian explanatory research. Temuan data di lapangan memperlihatkan bahwa penggunaan media sosial Collaboractive Project (X1), Blog and Microblogging dan Social (X2), dan Content Comunities (X3) tidak memengaruhi perilaku memilih pemilih pemula, dengan nilai Asymp. Sig > 0,05 X1; 0,658, X2; 0,150, dan X3; 0,164. Artinya, Ha ditolak dan H0 diterima.