PERAN TIM SUKSES DALAM PEMENANGAN JEFRI MASRUL PADA PEMILIHAN ANGGOTA DPRD PROVINSI SUMATERA BARAT TAHUN 2019

  • Olga Dara Monica Universitas Andalas
Keywords: Tim Sukses, Broker Politik, Pemilihaan Legislatif, Marketing Politik

Abstract

Peran Tim sukses merupakan salah satu faktor untuk mampu memperoleh dukungan dari masyarakat dan memenangkan pemilihan umum. Pada penelitian ini, peneliti ingin melihat bagaimana peran tim sukses Jefri Masrul yang berpengaruh dalam kemenangannya pada pemilihan legislatif tahun 2019. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus dan metode pemilihan informan wawancara dengan purposive sampling serta menggunakan konsep marketing politik adman nursal yaitu 3P (Pull Political, Pass Political, dan Push Political). Hasil dari penelitian ini bahwa peran tim sukses memiliki pengaruh besar dalam pemenangan Jefri Masrul. Hal tersebut dapat diamati dari bagaimana tim sukses bekerja dengan menggunakan konsep mapping dan positioning dalam menjalankan 3 strategi marketing politik. Disamping tim sukses juga terdapat peran broker yang membantu dalam pengumpulan dukungan melalui lobby politik kepada kelompok adat dan kelompok masyarakat dalam kampanye. Pada penelitian ini juga terlihat bagaimana sinkronisasi antara peran tim sukses, broker dan kerabat dekat yang mendukung Jefri Masrul dengan masksimal sehingga berhasil menang dalam pemilihan legislatif tahun 2019.

References

Alexander Putra Tampubolon.2014Pemilihan Presiden Dan Tim Sukses (Peran Tim Sukses Ir.H. Joko Widodo – Drs.H. M. Jusuf Kalla Dalam Pemilihan Presiden Dan Wakil Presiden Di Kota Pekanbaru 2014.Jurusan Ilmu Pemerintahan Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Riau.
Anwar Arifin, Komunikasi Politik, Balai Pustaka, Jakarta, 2003, Hal 83
Arsyad, Zanuar Muhammad (2015) Peran Muhammadiyah Dalam Upaya Pemenangan Muhammad Afnan Hadikusumo Pada Pemilihan Umum Anggota DPD tahun 2014 di Kabupaten Gunungkidul. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.
Hizbullah Husni Nasution, dari Universitas Andalas dengan judul “Peran Relawan Penggemar (Pendukung Genius Umar-Mardison) dalam Tim Kampanye Genius Umar-Mardison pada Pemilukada kota Pariaman 2018. Jurusan Ilmu Politik Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Andalas.
http:/kpu.go.id//data perolehan suara pemilihan legislative DPRD Kota Padang 2019
Kushanjani, (2008). Pilkada dan Demokratisasi di Daerah. Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Nomor 2 Volume 36 (Juni) Hal: 1-25
Miriam Budiarjo, Dasar-Dasar Ilmu Politik, PT Gramedia, Jakarta, 2005, Hal. 54
Robert K. Yin. Studi Kasus, Desain dan Metode. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2012. hlm. 18.
Saputra, ichsan. 2014. Marketing Politik Pasangan Kepala Daerah dalam Pemilukada (Studi Kasus Tim Sukses Pemenangan Abah Anton dan Sutiaji dalam Pemilukada Kota Malang 2013). Jurnal Administrasi Publik (JAP), Vol. 2. Hal 250-257
Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2011 Tentang Penyelenggaraan Pemilu DPR, DPD dan DPRD pengaturannya mempertegas bahwasannya partai politik maupun calon kandidat berhak membentuk tim kampanye di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota.
Published
2022-04-29
Section
Articles