TATA KELOLA PARIWISATA BERBASIS MASYARAKAT DI NAGARI SANIANG BAKA KECAMATAN X KOTO SINGKARAK KABUPATEN SOLOK

  • Muhammad Hakiki Universitas Andalas
Keywords: Tata Kelola Pariwisata, Pariwisata Berbasis Masyarakat.

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi tata kelola pariwisata berbasis masyarakat di Nagari Saniang Baka yang dalam pelaksanaannya terkendala masalah, diantaranya kendala dana yang masih terbatas, infrastruktur yang belum memadai, dan faktor budaya kehidupan masyarakat, sehingga dalam pelaksanaannya belum berdampak bagi masyarakat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tata kelola pariwisata berbasis masyarakat di Nagari Saniang Baka Kecamatan X Koto Singkarak Kabupaten Solok Provinsi Sumatera Barat. Penelitian ini merujuk kepada Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2009 tentang  kepariwisataan dan teori manajemen menurut Fayol. Pengelolaan pariwisata berbasis masyarakat melibatkan para pemangku kepentingan dalam kepariwisataan supaya dalam pelaksanaan nantinya sejalan dengan prinsip pokok pariwisata berbasis masyarakat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Dari hasil penelitian ditemukan beberapa hal yang berkaitan dengan tata kelola pariwisata berbasis masyarakat di Nagari Saniang Baka, yaitu: perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pengkoordinasian, dan pengendalian yang dalam setiap prosesnya berhubungan dengan partisipasi masyarakat. Pengelolaan pariwisata saat ini sedang berjalan dan sangat membutuhkan partisipasi masyarakat, namun dalam pelaksanaannya tidak semua berjalan dengan lancar karena permasalahan yang ada sehingga pengelolaan pariwisata belum berjalan efektif dan keikutsertaan partisipasi masyarakat masih rendah

References

Adikampana, Imade. 2017. Pariwisata Berbasis Masyarakat. Bali : Cakra Pres.
Bambang, Sunaryo. 2013. Kebijakan Pembangunan Destinasi Pariwisata: Konsep dan Aplikasinya di Indonesia. Yogyakarta : Gava Medi.
Effendi, Usman. 2014. Asas Manajemen. Jakarta : Rajagrafindo Persada.
Jeffries, D, 2001. Goverment and Tourism. Oxford : Butterworth Heineman.
Rahim, Firmansyah, 2012. Pedoman Kelompok Sadar Wisata. Jakarta : Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.
Sugiono, 2012. Metode penelitian kuantitatif dan kualitatif, Bandung : Alfabeta.
Undang-Undang No 10 Tahun 2009 Tentang Kepariwisataan.
UNWTO 2017. Organisasi pariwisata dunia atau yang dikenal dengan world tourism. html hlm 2 tanggal 28 Februari 2021 Jam 14.00.
Wawancara dengan Ahamd Dumyadi , Wali Nagari Saniang Baka, Saniang Baka , 11 November 2021.
Published
2022-04-29
Section
Articles