ANALISIS FAKTOR KEKALAHAN JOKO WIDODO PADA PEMILIHAN PRESIDEN TAHUN 2019 DI KAMPUNG JOKOWI NAGARI BATU BALANG KECAMATAN HARAU KABUPATEN LIMAPULUH KOTA

  • Widia Sari Universitas Andalas
Keywords: Pilpres, Marketing Politik, Kekalahan Kandidat

Abstract

 

Fenomena menarik dalam pemilihan presiden Tahun 2019 yaitu dibentuk dan dideklarasikan beberapa daerah di Indonesia sebagai Kampung Jokowi sebagai bukti dan dukungan masyarakat daerah tersebut untuk kemenangan pasangan calon presiden Joko Widodo-Ma’ruf Amin. Kampung Jokowi di Sumatera Barat salah satunya terdapat di Kabupaten Lima Puluh Kota, tepatnya di Nagari Batu Balang Jorong Boncah. Realitanya perolehan suara di Kampung Jokowi ini mengalami kekalahan. Fokus dalam penelitian ini adalah fenomena kekalahan Jokowi-Amin pada Pilpres Tahun 2019 di Kampung Jokowi Nagari Batu Balang. Tujuan penelitian untuk mengeksplorasi dan mengindentifikasi faktor-faktor penyebab kekalahan calon presiden No. urut 01 Joko Widodo-Ma’ruf Amin di Kampung Jokowi, Nagari Batu Balang pada Pemilu Tahun 2019. Untuk menganalisis faktor-faktor tersebut digunakan konsep marketing politik. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor penyebab kekalahan Joko Widodo di Kampung Jokowi Nagari Batu Balang faktor internal diantaranya, program yang ditawarkan kepada masyarakat belum merata, promosi kurang maksimal, inisiator lepas kontrol dan pertimbangan kurang matang memilih daerah tersebut sebagai Kampung Jokowi, dukungan dan partisipasi masyarakat sedikit. Faktor eksternal diantaranya, tidak ada koordinasi dengan perangkat Nagari Batu Balang, penolakan dari perantau, koordinasi yang buruk antara inisiator dan tim relawan, adanya intimidasi terhadap relawan dan isu negative terhadap pasangan dikonsumsi masyarakat.

References

Afrizal, Metode Penelitian Kualitatif: Sebuah Upaya Mendukung Penggunaan Penelitian Kualitatif Dalam Berbagai Disiplin Ilmu, PT Raja Garfindo Persada, Jakarta, 2014.
Agus Sutisna, Perpekstif Marketing Politik: Kegagalan PDIP dan Partai Demokrat Dalam Mempertahankan Posisi Sebagai Partai Pemenang Pemilu 1999 dan Pemilu 2009, Univeristas Muhammadiyah Tanggerang, Vol. 2 No. 1 , April 2016.
Budiarjo Miriam, Dasar-Dasar Ilmu Politik, Gramedia, Jakarta 2008. Buku Profil Kelitbangan Kabupaten Lima Puluh Kota Tahun 2018.
Pemilu 2019 di Soal, ini Lho 3 Alasan MK Perintahkan Pemilu Serentak,https://m.detik.com/news/berita/d-4523961/pemilu-2019-disoal-ini-lho-3- alasan-mk-perintahkan-pemilu-serentak. Di akses pada tanggal 11 September 2019.
Rudi, Hilarius, Analisis Penerapan Marketing Mix (4P) Dalam Marketing Politik Kemenangan Paket Firmanmu Pada Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Kupang Tahun 2017. Unika Widya Mandira.
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitaif, Kualitatif Dan R&D, Alfabeta, Bandung, 2014. Burhan Bungin, Metode Penelitian Kualitatif, Rajawali Pets, Jakarata, 2006.
Sulastri Damayanti, Marketing Politik Calon Anggota DPR RI Ledia Hanifa Amaliah Dalam Pemilihan Anggota DPR RI Perioe 2014-2019, Universitas Islam Negri Hidayatullah Jakarta, 2014.
Tika April Lasmi, Faktor-Faktor Kekalahan Pasangan Pertahana (Ali Yusuf-Ismed) Pada Pemilihan Kepala Daerah Di Kota Sawahlunto Tahun 2018. Universitas Andalas Tahun, 2019.
Published
2021-10-29
Section
Articles