PERAN ULAMA TAREKHAT SYATHARIYAH DALAM MENDUKUNG PASANGAN SUHATRI BUR – RAHMANG PADA PEMILUKADA KABUPATEN PADANG PARIAMAN SUMATERA BARAT TAHUN 2020

  • Zico Winando Universitas Andalas
Keywords: Peran Politik, Tarekat Syathariyah, Patron Klien

Abstract

Penelitian ini membahas peran dukungan politik ulama tarekat Syathariyah terhadap Suhatri Bur-Rahmang pada pemilihan kepala daerah Padang Pariaman Tahun 2020. Terdapat bentuk dukungan yang berkontribusi terhadap kemenangan calon tersebut. Penelitian ini menggunakan konsep politik aliran oleh Clifford Greezt dan teori patron-klien oleh James C.Scott dan Keith R Legg. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa politik aliran Syathariyah digunakan oleh Suhatri Bur dalam pendekatanya kepada  ulama Syathariyah di Padang Pariaman. Bentuk hubungan yang terjadi antara Suhatri Bur dan ulama Syathariyah bisa dikategorikan ke dalam hubungan yang bersifat patron-klien hubungan tersebut berupa Pertama, Hubungan pribadi yang terjalin antara Suhatri Bur dan Ulama Syathariyah yang didasari atas ikatan pertalian antara guru dan santri; Kedua, Hubungan tersebut berwujud loyalitas atau kesetian antara patron-klien; Ketiga, Terdapat hubungan yang bersifat timbal balik; Keempat, Hubungan diantara mereka memiliki saling ketergantungan antara satu dengan yang lainnya. Dari hasil temuan penelitian menunjukkan bahwa hubungan patron dan klien antara tuanku tarekat Syatahriyah dengan Suhatri Bur merupakan referensi utama sebagai faktor pendorong dukungan politik ulama tarekat Syathariyah terhadap Suhatri Bur-Rahmang.

References

Abdurrahman, Fenomena Kiai Dalam Dinamika Politik: Antara Gerakan Moral dan Politik, KARSA, Vol, XV No. 1 April 2009
Agus Riyadi, “Tarekhat Sebagai Organisasi Tasawuf” Jurnal at-Taqaddum, Volume 6,Nomor 2,Nopember 2014. Diakses tanggal 30 November 2020
Ahmad Patoni, Peran Kiai Pondok Pesantran Dalam Partai Politik, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2007
Aprianti EP, “Etika Terappan Dalam Kampanye Pilkaa” Jurnal Forum Majalah Pengembangan Ilmu Sosial Vol 36 no 2 Juni 2008
Burhan Bungin, Metode Penelitian Kualitatif, Jakarta, Rajawali Pers, 2006,hal 264-265
Jedri dan M.Y Tiyas Tinov, “Analisis Hubungan Patron-Klien Pada Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) di Kabupaten Kuantan Singingi Tahun 2011”. Jurnal Vol 22. Hal 2. Diakses Pada Tanggal 26 Maret 2021.
Sadri Chaniago, Tuanku dan Politik: Kiprah Ulama Tarekhat Syathariyah dalam Dinamika Politik Lokal Minangkabau, Padang, Erka.
Published
2021-10-29
Section
Articles