PREFERENSI POLITIK PEMILIH MILENIAL DALAM PILKADA KOTA PADANG TAHUN 2018

  • Yossi Meilinda Universitas Andalas
Keywords: Pemilih milenial, Preferensi Politik, Perilaku Memilih, Pemilihan Kepala Daerah.

Abstract

Penelitian ini membahas tentang Pemilih milenial dalam Pilkada Kota Padang tahun 2018. Dalam beberapa literatur pemilih millineal dianggap lebih rasional dalam memilih dan berpotensi menjadi swing voters. Penelitian ini ingin melihat berbagai faktor dan kecenderungan pilihan politik pemilih milenial. Penelitian ini menggunakan konsep preferensi politik, perilaku memilih berdasarkan aspek sosiologis dan psikologis  dengan variabel bebas karakteristik pemilih milenial (X.1) dan Orientasi terhadap program (X.2) serta variabel terikat yakni preferensi pemilih milenial. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian survey, tipe penelitian ini adalah explanatory research (penelitian penjelasan). Data dikumpulkan dengan pembagian kuesioner, responden dipilih menggunakan metode probability sampling yaitu, stratified random sampling dan simple random sampling serta menggunakan angka acak dalam menentukan responden. Analisis berupa tabel frekuensi dan pengujian hipotesis menggunakan Kendall Tau. Temuan data di lapangan memperlihatkan adanya hubungan antara orientasi program pemilih milenial terhadap preferensi politik pemilih milenal dalam Pemilihan Kepala Daerah Kota Padang 2018, dengan angka koefisien korelasi sebesar 0,443 dengan nilai Sig. (2-Tailed) sebesar 0,000. Hasil penelitian ini menunjukkan kelas milenial tidak hanya mengambil sikap berdasarkan pendekatan rasional dalam menentukan pilihan politiknya, juga dipengaruhi oleh aspek sosiologis dan psikologisnya, selain itu orientasi pemilih milenial terhadap program pasangan calon juga ikut mempengaruhi prefereni politik pemilih milenial.

References

Andi Mappiare, Psikologi Orang Dewasa Bagi Penyesuaian Dan Pendidikan, Surabaya, Usana Offsetprinting, 1994
Asrinaldi dan Kusdarini. “Bagaimana Perempuan Voting: Kajian tentang perilaku memilih perempuan etnis Minangkabau di daerah urban pada pemilu 2004”. Laporan Penelitian Studi Kajian Wanita-DP3M Dikti 2005.
Asrinaldi, Hubungan Preferensi Politik, Identifikasi Kepartaian dan Perilaku Voting Masyarakat Miskin Kota (Dalam Buku Politik Masyarakat Miskin Kota, Bab VII), Gava Media, Yogyakarta. 2012.
Asrinaldi. A dan Yoserizal, Preferensi Dan Rasionalisasi Pilihan Politik Perempuan Minang PerKotaan di Kota Padang Terhadap Perilaku Memilih Dalam Pemilihan Umum, 2010
Firmanzah, Marketing Politik: Antara Pemahaman dan realitas. (Jakarta Yayasan Pustaka Obor Indonesia,2012)
Goddin, Robert E.. The Politics of Rational Man. Great Britain: The Pitmat Press 1976.
Husaini Usman dan Purnomo Setiady Akbar. “Metodologi Penelitian Sosial”. Bumi Aksara 2014.
Jonathan Sarwono, buku Pintar IBM SPSS STATIS TICS 19 cara Operasional analisis Data dan Interpretasi, Jakarta: PT Elex Media Komputindo,2011.
Himmelweit, H.T., Humpreys, P., Jaeger, M., Katz, M. How Voters Decide: a Longitudinal Study of Political Attitudes and Voting Extending over Fifteen Years. London: Academic Press 1981.
Priyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Surabaya, Zifatama Publishing, 2016.
Rifa’atul Machmudah, Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Nasabah Non Muslim Menjadi Nasabah Di Bank Syariah.
Susi S dan Adelita L. Partisipasi Politik Perempuan pada Partai Keadilan Sejahtera Kota 2015.
Edward Aspinall dan Marcus Mietzer, Jurnal tentang pemilu 2014 Indonesia.
Fahmi Nurdiansyah, Praktisi Hukum. Marketing Politik Dpp Partai Gerindra Pada Pemilu Legislatif 2014. Jurnal Ilmu Politik, Volume 9 Nomor 1, April 2018.
Lim Merlyna, “Media social and Political Mobilization” in The Indonesia Journal of Leadership. Policy and World Affairs Strategic Review. Vol. 2 No. 2 April-Juni2012
Mardalis, Metode Penelitian: suatu Pendekatan Proposal, Jakarta:Bumi Aksara,2006.
Masri Singarimbun, Sofian Effendi. 1995,“Metode Penelitian Survai”.Jakarta, LP3ES.
Muhammad Tanzil Aziz Rahimallah, Aenal Fuad Adam, Faturachman Alputra Sudirman, Orientasi Politik Kelas Milenial Dalam Pemilihan Gubernur.Jurnal Ilmu Ekonomi dan Sosial, Vol.10,No2. 2019.
Riyoan Philip Jacob, Ananias.Preferensi masyarakat etnis timor dalam pemilihan legislatif . : Studi di kota kupang. Kupang : Program Magister Ilmu Politik UNAIR, 2014.
Sherman, Arnold K and Aliza Kolker. The Social Bases of Politics. California: A Division of Wodsworth 1987.
Sudijono Sastroatmodjo, “Perilaku Politik”, Semarang: IKIP Semarang Press, 1995.
Published
2021-04-30
Section
Articles