KLIENTELISME POLITIK PADA PEMILIHAN GUBERNUR SUMATERA UTARA TAHUN 2018 DI KABUPATEN LABUHANBATU

  • Iqbal Arif Siregar Univesitas Andalas
Keywords: Klientelisme, Pemuda Pancasila, Relasi, Bentuk Pertukaran

Abstract

Klientelisme politik Pemuda Pancasila Labuhanbatu diperlihatkan dalam bentuk relasi antara anggota Pemuda Pancasila dengan Wakil Bupati Labuhanbatu. Dukungan yang diberikan mulai dari melakukan konsolidasi internal, mobilisasi anggota dan pemilih, pengawalan kampanye yang dilakukan pasangan calon dan partai koalisi kemudian sampai kepada pengawalan TPS pada hari pemilihan berlangsung. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat, mendeskripsikan dan menganalisis praktik klientelisme politik antara wakil bupati Kabupaten Labuhanbatu dengan Pemuda Pancasila dalam upaya pemenangan pasangan calon gubernur Edy Rahmayadi dan Musa Rajekshah pada pemilihan gubernur Sumatera Utara tahun 2018. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis pendekatan studi kasus. Hasil dari penelitian skripsi ini menjelaskan dan menggambarkan praktik klientelisme yang terjadi dengan adanya pembentukan tim pemenangan internal Pemuda Pancasila yang dibentuk langsung oleh Wakil Bupati selaku Ketua MPC Pemuda Pancasila. Tim pemenangan internal ini berbeda dengan tim pemenangan bentukan partai koalisi, dimana posisi wakil bupati juga sebagai ketua tim pemenangan bentukan partai koalisi. Dalam menjalankan agenda pemenangan, tim pemenangan internal Pemuda Pancasila mendapatkan dana dari pemberian personal wakil bupati. Kemudian pertukaran klientelistik yang didapatkan Pemuda Pancasila adalah pemberian dana hibah yang berasal dari anggaran keuangan daerah, dimana sebelumnya Pemuda Pancasila tidak mendapatkan dana hibah apapun.

References

Afandi, Eka Kurniasari. 2016. “Faksionalisasi Ormas Pemuda Pancasila Dalam Tim Sukses Prabowo-Hatta di Pilpres Tahun 2014”. Jurnal Politik Muda. Vol 5.
Amin, Muryanto. 2013. Kekuasaan dan Politik Lokal (Studi Tentang Peran Pemuda Pancasila Dalam Mendukung Syamsul Arifin dan Gatot Pudjonugroho Sebagai Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Sumatera Utara Periode 2008-2013. Disertasi. Universitas Indonesia
Andhika, L. R. 2017. “Bahaya Patronase dan Klientelisme Dalam Pemilihan Kepala Desa Serentak”. Jurnal UNPAD.
Aspinall, E., & Berenschot, W. 2019. Democracy for Sale: Pemilu, Klientelisme, dan Negara di Indonesia. Cornell University Press.
Aspinall, E., & Sukmajati, M. 2015. Politik Uang di Indonesia. Yogyakarta. PolGov.
Berenschot, W. 2018. The Political Economy of Clientelism: a Comparative Study of Indonesia’s Patronage Democracy. Comparative Political Studies, 51(12), 1563-1593.
Fariz, M. W. 2017. “Politik Balas Budi: Hubungan Pemuda Pancasila dan Demokrat dalam Mobilisasi Massa Pada Pilkada Surabaya tahun 2015”. Jurnal Politik Muda, 6(2).
Halim, A. 2014. “Politik lokal: pola, aktor & alur dramatikalnya: perspektif teori Powercube, modal dan panggung”. Lembaga Pengkajian Pembangunan Bangsa (LP2B).
Hanif, Hasrul. 2009. "Politik Klientelisme Baru dan Dilema Demokratisasi di Indonesia." JSP: Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. 12.(3): 327-351.
Iqbal, Muhammad. 2017. "Peran Pemuda Pancasila dalam Mendukung Pencalonan Kepala Daerah (Studi tentang, Kemenangan Pangonal Harahap dan Andi suhaimi Dalimunthe Sebagai Bupati dan Wakil Bupati Labuhanbatu 2015)". Skripsi. Medan: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sumatera Utara.
Karina, N. 2008. Dinamika Sosial Politik Organisasi Pemuda Pancasila Sumatera Utara. Tesis. Universitas Sumatera Utara (USU)
Marsh, D., & Stoker, G. 2010. Teori dan metode dalam ilmu politik. Bandung: Nusa Media.
Nur Ramadhan, M. & Berlianto, J. D. 2019. “Klientelisme Sebagai Perilaku Koruptif dan Demokrasi Banal”. Jurnal Antikorupsi INTEGRITAS, 5(1): 2615-7977. 169-180.
Pratama, R. A. 2017. “Patronase, Klientelisme dan Pada Pilkada Serentak Kota Kendari Tahun 2017. JWP (Jurnal Wacana Politik), 2(1).
Robert K. Yin. 2005. Studi Kasus Design & Metode. Jakarta: Rajawali Pers.
Rofieq, A. & Nuryono, R. 2016. “Pengaruh Klientelisme terhadap Perilaku Pemilih Masyarakat Kecamatan Sukatani pada Pilkada Kabupaten Bekasi 2012”. Politik Indonesia: Indonesian Political Science Review, 1(2). 105-119.
Scott, James C. 1972. “Patron-Client Politics and Political Change in Southeast Asia”. dalam The American Political Science Review. Vo. 6. No. 1 (Mar. 1972).
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Published
2020-10-29
Section
Articles