PERENCANAAN PEMBANGUNAN DAERAH KABUPATEN KEPULAUAN MENTAWAI TAHUN 2012-2017

  • Meyer Juanti Univesitas Andalas
Keywords: Perencanaan, Pembangunan, RPJMD

Abstract

Dalam dokumen perencanaan RPJMD, pemerintah Kabupaten Kepulauan Mentawai sudah mulai melaksanakan pembangunan melalui program dan visi/misi pembangunan yang ditawarkan oleh Bupati Yudas Sabaggalet, selama kampanye maupun setelah terpilih. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi dan menjelaskan persoalan perencanaan RPJMD di Kabupaten Kepulauan Mentawai pada Tahun 2012-2016. Penelitian ini, menggunakan metode kualitatif deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa memang perencanaan RPJMD di Kabupaten Kepulauan Mentawai belum sesuai dengan harapan, dapat dijelaskan sebagai berikut: (1) Dalam melibatkan partisipasi masyarakat sudah ada program Musrenbang, akan tetapi masih sering terjadi pro dan kontra antara masyarakat dan pemerintah Kabupaten Kepulauan Mentawai. Proses perencanaan pembangunan masih dalam posisi pendekatan politik, dikarenakan terdapat visi/misi kepala daerah yang dijadikan sebagai kepentingan politik. Adanya ketimpangan kebijakan perencanaan pembangunan yang cenderung atau lebih mengarah pada pendekatan Top-down.

References

Afrizal. 2014. Metode Penelitian Kualitatif: Sebuah Upaya Mendukung Penggunaan Penelitian Kualitatif Dalam Berbagai Disiplin Ilmu. Jakarta: Rajawali Pers.
Asrinaldi. Politik dan Pemerintahan di Sumatera Barat. Padang: Erka CV. Rumahkayu Pustaka Utami.
Ali Kabul Mahi & Sri Indra Trigunarso. 2017. Perencanaan Pembngunan Daerah (Teori dan Aplikasi). Bandar Lampung: Kencana.
Burhan Bungin. 2017. Penelitian Kualitatif: Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik, dan Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Kencana.
Danu Eko Agustinova. 2015. Memahami Meotode Penlitian Kualitatif: Teori & Praktik. Yogyakarta: Calpulis.
Henk Schulte Nordholt, Gerry Van Klinken dan Ireen Karang- Hoogenboom. 2007. Politik Lokal di Indonesia. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.
Koentjaraningrat. 2004. Kebudayaan Mentalitas dan Pembangunan. Jakarta: PT Gramedia.
Mudrajad Kuncoro. 2018. Perencanaan Pembangunan Daerah; Teori dan Aplikasi. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Robert K Yin. 2015. Studi Kasus: Desain & Metode. Jakarta: Rajawali Pers.
Sjafrizal. 2017. Perncaan Pembangunan daerah Dalam Era Otonomi. Depok: Rajawali Pers.
-----------. 2019. Teknik Penyusunan Rencana Pembangunan Daerah. Jakarta: Badaouse Media.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Warjio, 2016. Politik Pembangunan: Paradoks, Teori, Aktor & Ideologi. Medan: Kencana
Published
2020-04-30
Section
Articles