DUKUNGAN POLITIK ELIT ADAT KECAMATAN KURANJI KEPADA IRWAN PRAYITNO-NASRUL ABIT PADA PILKADA SUMBAR TAHUN 2015

  • Febri Rahmat Univesitas Andalas
Keywords: Elit Tradisional, Keterlibatan Elit, Pilkada

Abstract

Penelitian ini berangkat dari adanya keterlibatan niniak mamak yang tergabung di KAN Pauh IX Kecamatan Kuranji dalam mendukung Irwan Prayitno dan Nasrul Abit pada Pilkada Sumbar Tahun 2015. Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan dan menganalisis alasan keterlibatan niniak mamak KAN Pauh IX Kecamatan Kuranji dan bagaimana bentuk keterlibatannya dengan menggunakan teori elit dan konsep keterlibatan elit tradisional dalam Pilkada. Kemudian penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan tipe studi kasus. Penelitian ini menemukan, niniak mamak yang tergabung di KAN Pauh IX Kecamatan Kuranji terlibat dalam mendukung Irwan Prayitno dan Nasrul Abit baik secara individu maupun KAN secara kelembagaan. Keterlibatan dilakukan melalui tiga jaringan kekuasaan. Pertama, jaringan kekuasaan melalui kemampuan pribadi, kedua, melalui otoritas tradisional dan ketiga, jaringan kekuasaan berdasarkan  pengakuan  dari  rekan-rekan  mereka  dengan  menganugerahkan  gelar sangsako di suku. Kemudian bentuk keterlibatan. Pertama, memberikan gelar Datuak kepada  Irwan  Prayitno  dan  pembentukan  dewan  pembina  suku  Tanjuang  Sumatera Barat. Kedua, melakukan konsolidasi. Ketiga, niniak mamak sebagai penghubung kepentingan antara Irwan Prayitno, niniak mamak dan anak kemenakan yang ada di Kecamatan Kuranji. Keempat, niniak mamak mensosialisasikan Irwan Prayitno kepada anak kemenakannya. Kelima, mobilisasi. Keenam, deklarasi kebulatan tekad.

References

Asrinaldi. 2017. Demokrasi Lokal Di Indonesia, Padang : Erka.
Burhan bungin. 2011. Penelitian kualitatif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group, Djam’an, Satori. 2009. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung : Alfabeta.
Imam, Gunawan. 2014. Metode Penelitian Kualitatif: Teori dan Praktik. Jakarta: PT. Bumi
Aksara.
John W. Creswell. 2013. Research design pendekatan kualitatif, kuantitatif, dan mixed Edisi ketiga cetakan ke III. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
LKAAM. 2002. Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah. Padang: Sako Batuah.
Moleong Lexy J. 2004. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.
Sopiah dan Mamang Etta Sngadji. 2010. Metodologi Penelitian. Yogyakarta : CV Andi Offset.
Soerjono Soekanto. 1990. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: Rajawali Pers.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Alfabeta : Bandung.
Varma, SP. 2010. Teori Politik Modern. Jakarta: Rajawali Pers.
Published
2020-04-30
Section
Articles